Kegiatan Tahunan BDI “Ziarah Wali”

Malang, Sabtu pagi beberapa siswa-siswi berbondong-bondong datang ke sekolah. Padahal hari itu, adalah hari libur sekolah. Tepatnya tanggal 19 Oktober 2019, siswa yang berjumlah 40 anak yang datang ke sekolah akan berangkat ke wilayah Utara untuk melaksanakan ziarah wali jawa timur. Kegiatan ini setiap tahun rutin dilaksanakan pada bulan Muharram, namun pada tahun ini karena padatnya kegiatan akhirnya diundur sampai bulan berikutnya.

Pukul 06.30 siswa berangkat ziarah dengan menggunakan bus. Tujuan yang akan dikunjungi yaitu Sunan Ampel, Syaikhona Kholil, Syekh Maulana Ishaq dan Sunan Drajat. Berbeda dengan tahun yang lalu, tahun ini ziarah ditambah ke makam syaikhona Kholil Bangkalan.

Selama perjalanan siswa sangat senang sekali,  karena inilah pengalaman pertamanya untuk ziarah wali. Kegiatan ini merupakan media pengenalan makam-makam penyebar Islam di Jawa timur.  Di samping itu, menambah wawasan sejarah peradaban islam bagi anak-anak.

Selepas turun dari bus, mereka langsung menuju ke makam untuk berziarah. Selama berziarah ke makam, siswa mendoakan para orang muslim dan waliyullah yang sudah mendahuluinya dengan membaca surat Yasin dan rangkaian bacaan kalimat tahlil.

Kegiatan ziarah ini berakhir malam hari dengan tujuan akhir adalah sunan Drajat. Kesan yang dirasakan oleh para peserta, sangat senang dan inilah pengalaman baru bagi mereka. Pada tahun berikutnya, Mereka juga masih ingin mengikutinya lagi . (Alq)

About admin

Check Also

Pandemi Covid-19, bukan alasan bagi Sagasima untuk berprestasi

Malang (1/6/2021). Selama pandemi merajalela, sektor pendidikan kurang maksimal hasilnya karena pelaksanaannya secara online. Pembelajaran …

Kegiatan Pesantren Ramadhan dalam Program Semarak Ramadan 1442 H di SMPN 5 Malang

Malang (23 April 2021). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMPN 5 Malang mulai dilaksanakan tanggal …

Peringatan Isro’ Mi’roj dan Tahfizh Juz 30

Jum’at (12/3/2021) Siang ini tepatnya pukul 13.00 kegiatan peringatan Isro’ Mi’roj dan Tahfizh Juz 30 …

Tinggalkan Balasan