Pelaksanaan & Testimoni ANBK 2023/2024

Halo fiver’s, ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu tiap satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dalam bidang literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan. ANBK akan menilai satuan pendidikan lewat tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
Asesmen Nasional ini akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah, serta program kesetaraan. Di tiap satuan pendidikan, ANBK akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Hal ini berbeda dengan UN yang diikuti oleh siswa di tahun terakhir pada setiap jenjang pendidikan.
Untuk program kesetaraan, ANBK akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya. Selain peserta didik, ANBK juga diikuti oleh para guru dan kepala sekolah.
Laman Pusat Asesmen Pendidikan dari Kemendikbud menjelaskan bahwa ANBK tidak menentukan kelulusan peserta didik.
ANBK tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen, melainkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan satuan pendidikan dalam bidang literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar.
Hasil ANBK hanya akan digunakan untuk melakukan perbaikan pembelajaran di satuan pendidikan. Dengan demikian, ANBK tidak terkait dengan kelulusan siswa. Penilaian untuk kelulusan siswa menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan.
Dalam pelaksanaan ANBK tanggal 18 – 19 September 2023, turut hadir pula di SMPN 5 Malang Bapak kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Nasional Bapak Anindito dan juga Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Bapak Suwarjana. Selain untuk mengawasi dan memantau pelaksanaan ANBK beliau juga banyak sharing ilmu bersama dengan bapak kepala sekolah dan beberapa guru.
Pak Agus mengatakan ANBK memberikan manfaat luar biasa pada dunia pendidikan, dengan Rapor pendidikan kita bisa mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa serta mengukur kultur sekolah. Selain itu hasil rapor sekolah bisa digunakan untuk memantau, memperbaiki bahkan bisa mengadakan program untuk menguatkan hasil rapor yang kurang. Alhamdulillah, untuk hasil rapor SMPN 5 Malang ditahun 2022 cukup memuaskan.
Bu Sriwati juga memberikan testimoni terkait ANBK, beliau mengatakan bahwa ANBK bukan hanya menjadi tanggung jawab mata pelajaran mtk dan bahasa indonesia saja. Namun juga mata pelajaran lain harus memuat dan mengembangkan materi serta soal soal dengan menyisipkan literasi dan numerasi.
Terakhir testimoni dari perwakilan siswa yang mengikuti ANBK mengatakan, ANBK membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi, sistem saat pengerjaan ANBK juga berjalan lancar dan tidak ada hanbatan.
Semoga siswa siswi maupun sekolah semakin sukses dan lebih berprestasi lagi kedepannya 🙏
SZW


Website: www.smpn5-mlg.sch.id
YouTube: SMPN 5 MALANG
Facebook: Smpn lima Malang
Tiktok : smpn5malang
Instagram : @smpn5kotamalang

About HUMAS SMPN5MALANG

Check Also

Mari Hidup Sehat !! Edukasi Kesehatan bersama Insan Genre & RS Lavallete.

[ #kritisaga ] Haloo fiver’s, sebagai salah satu upaya dalam mendukung program percepatan penurunan stunting …

P5 Kearifan Lokal “Siswa Cerdas Berinovasi, Budaya Indonesia Lestari”

[ #kritisaga ] Haloo fiver’s, dibulan November ini siswa siswi kembali melaksanakan kegiatan Projek Penguatan …

Customs Goes to School SMP Negeri 5 Malang

[ #kritisaga ] Haloo fiver’s, dalam rangka mengedukasi pelajar mengenai APBN serta memperkenalkan Kementerian Keuangan …