P5 Kearifan Lokal “Siswa Cerdas Berinovasi, Budaya Indonesia Lestari”

[ #kritisaga ] Haloo fiver’s, dibulan November ini siswa siswi kembali melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tema P5 kali ini adalah Kearifan Lokal, dengan jargon “Siswa Cerdas Berinovasi, Budaya Indonesia Lestari”. Dalam kurung waktu 2 pekan, P5 kali ini diusung semenarik mungkin dengan mengusung Kearifan Lokal Topeng Malang dan Bahasa Jawa. Antusias siswa begitu terlihat dengan kegiatan P5 ini, hal ini nampak pada keaktifan siswa selama proses berlangsung. Kegiatan pekan pertama dilaksanakan ditanggal 13 – 17 November 2023 (untuk semester 1) dan 20 – 24 November 2023 (untuk semester 3).
P5 kali ini fokus pada elemen kreatif dimana siswa secara berkelompok membuat sebuah inovasi yang mengangkat kearifan lokal topeng malangaan. Tidak hanya itu, siswa juga dibiasakan dalam penggunaan bahasa jawag baik dan benar. Dipekan pertama ini siswa difokuskan pada pendalaman materi serta perancangan produk akhir. Materi tidak hanya berasal dari guru-guru pengajar di SMP Negeri 5 Malang saja, siswa diajak secara virtual untuk melihat pameran karya kerajinan, melihat kekayaan budaya Indonesia, hingga kekayaan budaya Malang.
Hadir untuk mengisi rangkaian acara, ahli budaya bidang kesenian Topeng Malang Bapak Tri Handoyo. Pemilik dari Padepokan Wayang Topeng Asmorobangun, Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bersama Pak handoyo siswa siswi diajak untuk melihat sejarah, jenis jenis, makna hingga melihat bersama tari topeng yang heliau kreasikan sendiri. Anak-anak sangat terpukau melihat pemaparan dari pak Handoyo, begitu banyak hal hal yang sebelumnya tidak mereka tahu, langsung mereka tanyakan dan mendapat jawaban dari ahlinya. Terakhir dari beliau berpesan, untuk para generasi muda jangan terburu buru dan jangan mudah terperangah untuk belajar bahkan mencintai budaya asing. Sebaiknya kita belajar, memahami dan mencintai terlebih dahulu kekayaan budaya yang kita miliki, jangan sampai diklaim oleh negara lain.
Hadir pula untuk mengisi materi, alhi bahasa Jawa Bapak Avri selaku ketua MGMP Bahasa Jawa di Kota Malang. Dengan santai namun mengena beliau memaparkan ilmu ilmu dan tatanan bagaimana berbahasa jawa yang baik dan benar, siswa juga diajak praktik secara langsung didepan. Pesan dari Pak Avri yakni, jangan malu untuk mencoba karena jika salah nanti akan dibenarkan. Kesalahan adalah guru yang terbaik. Suara riuh dan tepuk tangan mengiringi Pak Avri saat mengakhiri kegiatan.
Para koordinator yang berjumlah 5 orang juga saling memberi materi penguatan dan mensupport kegiatan dengan baik, tidak lupa pula para fasilitator yang selalu hadir dan mendampingi siswa saat berkegiatan baik dikelas maupun di aula.
Semoga kegiatan P5 Kearifan lokal dipekan kedua Januari depan berlangsung dengan lancar yaaa, amiinn. Semoga siswa siswi maupun sekolah semakin sukses dan lebih berprestasi lagi kedepannya 🙏
SZW


Website: www.smpn5-mlg.sch.id
YouTube: SMPN 5 MALANG
Facebook: Smpn lima Malang
Tiktok : smpn5malang
Instagram : @smpn5kotamalang

About HUMAS SMPN5MALANG

Check Also

Ujian Praktik TP.2023/2024 Kolaborasi antar Mata Pelajaran

[ #kritisaga ] Haloo fiver’s, tahun ini siswa semester 6 TP 2023/2024 melaksanakan ujian praktik …

Isra Mi’raj (Menjadi Remaja yang Berakhlakul Karimah)

Pada tanggal 23 Februari 2024, BDI Spenma mengadakan Peringatan Isra’ Miraj dan Bulan Rajabiyah bertemakan …

Kreasi Topeng Malang, Wujud Cinta dan Bentuk Upaya Melestarikan Kearifan Lokal

Haloo fiver’s, semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sudah dimulai nih. Setelah masuk seminggu awal, anak-anak …