SMPN 5 Malang: Tingkatkan Kompetensi Sosial Melalui Family Gathering

Malang.(20/01/2020). Menjadi seorang guru yang berkompeten memiliki beberapa aspek. Aspek yang dimaksud yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Perpaduan 4 kompetensi ini secara menyeluruh menjadi suatu standar kompetensi yang harus dikembangkan oleh setiap guru.

Dalam meningkatkan kompetensi sosial, SMP Negeri 5 Malang memiliki cara tersendiri. Tepat pada hari Sabtu pagi, tanggal 18 Januari 2020, rombongan guru dan karyawan berangkat menuju Kabupaten Mojokerto untuk melaksanakan kegiatan Family Gathering. Lokasinya di Griya Ciptaningati Pacet,  tempat yang masih memiliki pemandangan indah dan asri sehingga cocok untuk mengadakan kegiatan di sana. Kegiatan ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien antara seluruh guru dan karyawan. Harapannya adalah terjalin tali silaturahmi yang kuat diantara guru dan karyawan.

Bapak Drs. Burhanuddin, M.Pd selaku kepala sekolah berharap acara ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kekompakan, kemampuan bersosialisasi, berkomunikasi, dan berinteraksi sesama guru dan karyawan di SMP Negeri 5 Malang. “Kegiatan ini meningkatkan kompetensi sosial, meningkatkan keakraban antara guru dan karyawan”, tuturnya dalam sambutan.

Acara family gathering pada kesempatan ini dikemas dalam sebuah kegiatan outdoor dan indoor. Kegiatan outdoor berupa outbond, dilaksanakan dengan berbagai permainan yang dilombakan. Permainan-permainan outbond membagi beberapa kelompok guru dan karyawan, sehingga terjalin kerjasama dan kekompakan serta solidaritas yang tinggi.

“Kegiatan outdoor berupa outbond ini sangat baik sekali, karena melatih kita untuk lebih kompak dan mengenal salah satu anggota”, tutur Pak Ade, salah satu Guru TIK Spenma.

Sedangkan kegiatan indoor dalam family gathering kali ini yaitu pisah kenang tenaga pendidik yang telah purna ataupun pindah tugas. Sudah menjadi tradisi di SMP Negeri 5 Malang, mengadakan suatu ceremony perpisahan khusus untuk para guru tersebut. Guru yang sudah purna tugas yaitu Pak Singgih dan Bu Mujiati. Guru yang pindah atau alih tugas yaitu Bu Ermid, Pak Imam, Pak Santoso dan Pak Sunaryadi. Ditambah lagi Bu Ria mendapatkan amanah baru sebagai Kepala Sekolah baru di SMPN 7 Malang. Hal ini bukan kali pertama guru-guru berprestasi yang merintis di SMPN 5. Sekarang sudah diangkat menjadi Kepala Sekolah di Sekolah lain seperti Bu Mahmura di SMPN 9 Malang, Pak Budi di SMPN 1 Malang.

Upaya peningkatan kompetensi sosial dalam family gathering kali ini berakhir pada hari Minggu. Pada hari itu, 19 Januari 2020, Guru dan karyawan bersama-sama kembali menuju ke Malang. (Alq)

About admin

Check Also

Pembagian Masker oleh Dharma Wanita Persatuan Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *