NOBAR: Cara Asik Pembelajaran di SMPN 5 Malang

Malang (29/01/2020). Proses pembelajaran adalah salah satu langkah mencapai tujuan pendidikan. Didalamnya terdapat komunikasi dua arah, mengajar bagi seorang guru dan belajar bagi seorang murid. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan outdoor atau indoor. Begitu juga, metode dalam KBM beragam sekali seperti metode ceramah, karya wisata, diskusi, demonstrasi, dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, lembaga pendidikan tidak hanya meningkatkan akademik saja, namun juga meningkatkan karakter siswanya.

Sebagai Sekolah yang besar, SMPN 5 Malang berupaya mengembangkan pembelajaran yang asik, serius dan pastinya tidak membosankan. Tepat pada hari Rabu, 29 Januari 2020, sekolah yang biasa disebut Spenma mengadakan kegiatan pembelajaran di  luar kelas. Kali ini, metode pembelajaranyang digunakan adalah demonstrasi, yang mana dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan pokok bahasan yang sedang disajikan.

Siswa diajak untuk melihat film yang berada di Bioskop Mall Araya.  Disana, mereka menonton film yang bertemakan pendidikan karakter. Judulnya yaitu “Ayu Titipan Anak Surga”. Dengan durasi film kurang lebih 1,5 jam, siswa dengan khidmat meresapi isi dari filmnya.

Setelah kegiatan itu selesai, diadakanlah sayembara sinopsis tentang film yang telah ditonton mereka. Dari sayembara ini, siswa dapat menyalurkan bakat menulis mereka. Harapannya adalah dapat melatih literasi dan melatih kejujuran dengan tidak menjiplak atau plagiasi karya. Dari sayembara ini, terkumpul nama-nama siswa yang mengumpulkan karya secara sportif tanpa plagiasi yaitu Rafeyfa Jingga D (6C2), Anindya Raqhi  A (6D6), Fahima Nayla H (6B2), Adelista Desya (6I2), dan Meutia (6D2).  (alq)

About HUMAS SMPN5MALANG

Check Also

Jujur itu keren

MALANG (21/02/2020) Jujur itu keren. Jargon yang diusung dalam penyelenggaraan Try Out Kejujuran Radar Malang …