Belajar dari Covid-19, Pelaksanaan MPLS Kritisaga Berbeda

(MALANG, 13/07/2020), Tanggal 13 Juli merupakan tanggal yang memiliki kaitan erat dengan tahun ajaran baru. Tanggal ini seringkali diwarnai dengan seragam, sepatu, tas, buku, teman, ruang kelas, dan suasana serba baru. Hari pertama masuk sekolah, setelah lama merasakan libur panjang semester genap atau kenaikan kelas.

Namun, tanggal 13 Juli 2020 kali ini, menampilkan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sekolah tanpa ada siswa, hanya kepala sekolah, guru, dan karyawan yang hadir. Kegiatannya pun terbatas dengan adanya protokol kesehatan. Pandemi corona yang belum pergi dari Tanah Air Indonesia inilah, yang menjadi alasan utama terbentuknya suasana baru ini. Siswa-siswi hanya bisa mengikuti pembelajaran dari rumah.
Pandemi ini, tak lantas menghentikan semangat pihak sekolah untuk tetap memberikan pelayanan prima dan terbaik bagi masyarakat. Secara serentak, sekolah-sekolah negeri di Kota Malang, melaksanakan kegiatan MPLS dan Pembukaan Tahun Ajaran 2020/2021 dengan moda daring. Dengan memanfaatkan teknologi dan internet, pihak sekolah berusaha untuk memberikan pelayanan yang dapat diakses oleh orangtua dan siswa. Kegiatan MPLS dan Pembukaan Tahun Ajaran Baru dilaksanakan melalui berbagai aplikasi, di antaranya teamlink, google meet, loom, enygma, zoom, dan WA. Peserta didik pun terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Terbukti sekitar 90% siswa hadir di setiap kelasnya. Baik siswa baru semester 1, siswa semester 3, maupun siswa semester 5.

Kegiatan tersebut diawalli dengan meeting antara kepala sekolah dan bapak ibu guru terkait dengan rangkaian kegiatan, hal yang harus disampaikan, dan do’a agar kegiatan berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

Bu Hj. Wahyu Dwi Sari, M.Pd
Saat memberikan materi MPLS Daring

Adapun rangkaian kegiatan MPLS adalah pengenalan dan penjelasan program-program sekolah yang diterapkan di SMP Negeri 5 Malang, kepada peserta didik baru. Di antaranya bimbingan layanan, PPK, Managemen Sekolah, Ekstrakurikuler, Tata Tertib, Kurikulum, Literasi, UKS, dan Keperpustakaan. Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari Senin, 13 Juli 2020 sampai dengan Rabu, 15 Juli 2020.
Sedangkan kegiatan pembukaan tahun ajaran baru 2020/2021 diawali dengan pertemuan siswa dan wali kelas secara daring, penjelasan sistem pembelajaran, pembentukan pengurus kelas, dan penyampaian komitmen siswa, dan pembelajaran sesuai jadwal.

Bu Khusnul Khotimah, S.Pd
Saat memberikan materi MPLS Daring

Dari seluruh rangkaian kegiatan secara daring, tentunya tidak berjalan semulus harapan dan rencana. Ada saja kendala yang muncul, meskipun tidak berpengaruh besar pada jalannya kegiatan. Adapun kendala yang muncul yakni permasalahan jaringan, kuota terbatas, dan gadget yang tidak kompatibel. Hal inilah yang disampaikan dalam rapat evaluasi pada akhir kegiatan MPLS dan Pembukaan Tahun Ajaran Baru. Setelahnya akan dilaksanakan tindak lanjut dalam upaya meminimalisir kendala-kendala yang muncul.
Banyak hal yang kita pelajari dari Masa Pandemi Covid-19. Salah satunya adalah tetap dan terus memberikan usaha terbaik. (jufita)

About admin

Check Also

Kelengkapan Data Peserta Didik Baru Tapel 2020/2021

Kepada Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Peserta Didik Baru mohon mengisi form data yang ada di link …