Peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H

Minggu (11/8/2019) Idul Adha merupakan salah satu hari raya umat beragama islam di seluruh dunia. Sebagai suatu Instansi Pendidikan yang bertoleransi tinggi, SMP Negeri 5 Kota Malang mengadakan kegiatan perayaan ini.  Ahad, 10 Dzulhijjah 1440 H bertepatan dengan 11 Agustus 2019 M, perayaan berupa sholat ied dan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan dengan khidmat dan lancar.

Sholat Ied pada kesempatan ini dipimpin langsung oleh bapak Ali Mahmud sebagai guru Agama Islam. Pelaksanaan ini dimulai sejak pukul 05.30 WIB, gemuruh takbir berkumandang di halaman depan SMPN 5 Malang. Kegiatan sholat ini diikuti oleh seluruh siswa, baik semester 1, 3 dan 5.

Dalam sejarahnya, idul adha penuh dengan peristiwa yang mengandung hikmah besar.  Nabi Ibrahim yang pada waktu itu menginginkan seorang putra dambaannya, dikabulkan oleh Allah SWT yang bernama Nabi Ismail.

Selang beberapa tahun, Nabi Ismail tumbuh besar hingga pada suatu ketika Allah menguji kesabaran Nabi Ibrahim dengan perintah untuk menyembelih anaknya tercinta. Atas keteguhan dan ketaatan Nabi, dengan rasa ikhlas menjalankan perintah-Nya. Pada pelaksanaannya, Allah gantikan dengan sembelihan besar berupa domba jantan dari surga.

Meneruskan amalan tersebut, kini umat Muslim menjalankan perintah Allah dengan menyembelih hewan kurban mereka salah satunya SMPN 5 Malang. Kegiatan ini melatih siswa untuk memupuk sikap kedermawanan, rasa empati, membangun solidaritas dan sebagainya.

Pada tahun ini, jumlah hewan kurban SMPN 5 Malang sebanyak 19 hewan. Rinciannya yaitu, untuk hewan kambing sebanyak 15 ekor dan sapi 4 ekor. Jumlah ini lebih besar daripada tahun kemarin. Hal ini berkat dukungan dari berbagai pihak, baik dari para guru, siswa maupun walimurid sendiri. SemogaSemoga kegiatan ini akan semakin berkembang ditahun depan. (Alq & jft)

About admin

Check Also

Isra Mi’raj (Menjadi Remaja yang Berakhlakul Karimah)

Pada tanggal 23 Februari 2024, BDI Spenma mengadakan Peringatan Isra’ Miraj dan Bulan Rajabiyah bertemakan …

Kreasi Topeng Malang, Wujud Cinta dan Bentuk Upaya Melestarikan Kearifan Lokal

Haloo fiver’s, semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sudah dimulai nih. Setelah masuk seminggu awal, anak-anak …

Menjalin Silaturrahmi & Studi Tiru SMP Negeri 2 Sukorejo Pasuruan

[ #kritisaga ] Haloo fiver’s, tanggal 29 November 2023 SMP Negeri 5 Malang mendapat kunjungan …

Tinggalkan Balasan